Abstraksi. Persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar. begitu juga yang terjadi dengan Bengkel AC Nagara Batang saat ini terjadi, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keamanan terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Bengkel AC Nagara Batang).Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bengkel AC Nagara Batang dari bulan Januari 2023 sampai bulan Juli 2023 yaitu sebanyak 1.656 pelanggan dan Metode Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang pegawai, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, serta analisis koefisien determinasi (R2).Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0.335+ 0.515X1 +0.014X2 +0.462X3, Di mana variable Keunggulan Bersaing (Y), variabel Kualitas Pelayanan(X1), Lokasi X2), dan Keamanan (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan(X1) dan Keamanan (X3), secara signifikan berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing, sedangkan Lokasi (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Angka Adjusted R Square sebesar 0,759 menunjukkan bahwa 75,9 persen variabel Keunggulan Bersaing dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 24,1 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.Saran dari hasil penelitian ini adalah Bengkel AC Nagara Batang diharapkan dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan lagi Keunggulan Bersaing, dengan meningkatkan Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keamanan.
Copyrights © 2025