Pembentukan karakter siswa yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan menganalisis verba dalam sebuah cerita. Salah satunya adalah cerita Loli dan Madu Istimewa yang memiliki keunikan pada kelas kata verba yang mendominasi dan dapat menunjukkan bahwa cerita ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang positif sehingga menarik untuk dibaca bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori kelas kata dalam cerita “Loli dan Madu Istimewa†karya Luthfia Khoirunisa menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis data berdasarkan teori morfologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa verba menjadi kelas kata yang paling dominan dengan 31 kata, untuk menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh karakter. Nomina digunakan sebanyak 27 kata untuk menggambarkan pentingnya karakter dan objek dalam membangun narasi cerita, sementara adjektiva memperkuat deskripsi sifat dengan 9 kata. Kategori lainnya seperti adverbia, pronoun, preposisi, konjungsi, dan interjeksi masing-masing berfungsi untuk memperkaya pemahaman dan emosi dalam cerita. Kebermanfaatan  penelitian adalah mengasah keterampilan membaca dan menyimak serta membantu penguasaan tata bahasa seperti subjek-predikat-objek dan bagaimana kata-kata dapat bekerjasama untuk membentuk kalimat yang dapat dimengerti.
Copyrights © 2025