JIEGC Journal of Islamic Education Guidance and Counselling
Vol. 5 No. 01 (2024): JIEGC Journal of Islamic Education Guidance and Counselling

KORBAN BULLYING: BAGAIMANA DINAMIKA DAN PENANGANANNYA DENGAN KONSELING KELOMPOK PENDEKETAN GESTALT

Abdi, Sofyan (Unknown)
Hasna, Afra (Unknown)
Jannah, Khoirunnisa Miftahul (Unknown)
Siloam, Rachel Putri Aurelya (Unknown)
Muthmainnah, Ghaida (Unknown)
Desmitha, Nabila Putri (Unknown)
Septianingrum, Tiall (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pemahaman yang mendalam berkaitan dengan dinamika kelompok terhadap korban bullying di SMP Yatama As-syafi’iyah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan 5 siswa sebagai sampel, dengan 2 siswa yang menjadi fokus penelitian. Sampel diambil dari populasi siswa SMP Yatama As-syafi’iyah kelas VII. Instrumen penelitian meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi partisipatif dengan keabsahan data triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data mencakup, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan Pendekatan Gestalt telah mampu membangun dinamika kelompok, terbangunnya dinamika kelompok ditandai dengan anggota kelompok yang merasa aman dan nyaman ketika mengungkapkan pikiran dan pengalaman mereka tanpa rasa takut dan dihakimi, anggota kelompok juga saling mendengarkan dengan penuh perhatian dan memberikan tanggapan yang konstruktif ketika konseling kelompok dilaksanakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiegc

Publisher

Subject

Education Other

Description

JIEGC Journal of Islamic Education Guidance and Counselling is an electronic journal published by Institut Daarul Quran Jakarta, Indonesia. The scope of JIEGC Guidance and Counseling, Islamic Guidance and Counseling, Philosophy of Education, Islamic Education, Educational Psychology, Educational ...