Transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) merupakan fase penting dalam perkembangan anak yang membutuhkan kesiapan akademik, sosial, dan emosional. Namun, banyak guru TK masih memiliki keterbatasan dalam memahami dan menerapkan strategi transisi yang efektif. Di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, ditemukan berbagai permasalahan seperti fokus berlebihan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung), kesenjangan kurikulum antara PAUD dan SD, serta minimnya kolaborasi antara guru TK dan SD. Oleh karena itu, Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berbasis riset ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru TK melalui workshop bertema "Peran Guru TK sebagai Agen Perubahan dalam Menciptakan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan." Penulisan jurnal ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebanyak 30 guru TK di Kecamatan Kalideres yang aktif mengajar menjadi subjek dalam kegiatan PKM berbasis riset ini. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles & Huberman yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil PKM berbasis riset menunjukkan bahwa workshop ini berhasil meningkatkan pemahaman guru TK di Kecamatan Kalideres terhadap konsep transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Mayoritas peserta menyatakan kepuasan terhadap pelatihan dan menunjukkan peningkatan dalam keterampilan merancang pembelajaran berbasis bermain serta membangun kolaborasi dengan orang tua dan guru SD. Singkatnya, pelatihan berbasis workshop terbukti efektif dalam memperkuat peran guru TK di Kecamatan Kalideres sebagai agen perubahan dalam mendukung transisi PAUD-SD yang lebih lancar dan menyenangkan. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan lanjutan untuk meningkatkan kerja sama antar pemangku kepentingan dalam pendidikan anak usia dini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025