RENATA Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua
Vol. 3 No. 1 (2025): Renata - April 2025

Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SDN Banyubang Grabagan

Fadiana, Mu'jizatin (Unknown)
Sulistyaningrum, Heny (Unknown)
Apriono, Djoko (Unknown)
Mu'minin, Moh (Unknown)
Nuraida, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2025

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan dan bimbingan kepada guru, khususnya guru-guru di SDN Banyubang Kecamatan Garabagan agar dapat mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi dan penerapannya di kelas, sehingga aktivitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik bisa terlaksana dengan baik. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan cara: 1) melakukan sosialisasi teoretis terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi bagi guru-guru, 2) pelatihan/workshop dan pendampingan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas berbasis pada Kurikulum Merdeka Belajar, 3) mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru melalui supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Hasil dari kegiatan PkM ini yakni: 1) peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru-guru tentang pembelajaran berdiferensiasi; 2) peningkatan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar pembelajaran berdiferensiasi; serta 3) guru-guru mampu dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

renata

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Other

Description

RENATA adalah jurnal pengabdian masyarakat untuk semua masyarakat Indonesia. Jurnal ini yang tidak terbatas pada kalangan akademisi, peneliti, dan mahasiswa. Namun, jurnal inipun mencakup pada kelompok keilmuan, lembaga profesi, atau kalangan masyarakat lain yang membutuhkan publikasi dari kegiatan ...