Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi
Vol. 9 No. 1 (2025): Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi

Analisis Penerimaan Guru Terhadap Rapor Digital Madrasah Menggunakan Metode Website Usability Evaluation (WEBUSE)

Mila Karmila (Unknown)
Sulidar Fitri (Unknown)
Taofik Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Rapor Digital Madrasah (RDM) merupakan salahsatu inovasi yang di kembangkan oleh tim Kementrian Agama untuk mempermudah tugas guru dalam proses penilaian hasil belajar peserta didik. Tujuan utama dikembangkannya RDM untuk kemajuan sekolah madrasah dan pengelolaan nilai hasil belajar peserta didik menjadi cepat. tepat, akurat , efisien dan efektif. Namun, penerapan RDM ini masih banyak masalah yang dihadapi oleh guru. Oleh karena itu, peneliti akan melakukan penelitian terkait dengan penerimaan guru terhadap aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM). Tujuan utama penelitian ini adalah mengevaluasi usability website RDM dari sudut pandang pengguna, metode yang digunakan untuk mengukur usability RDM adalah website usability evaluation (WEBUSE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Kuesioner akan disebarkan kepada seluruh guru aktif di MTs. Muawanah dengan jumlah 22 responden. Hasil penelitian ini website Rapor Digital Madrasah mendapatkan point usability sebesar 0,84 dengan level usability excellent. Maka website RDM dapat dikatakan bahwa website RDM sudah sesuai dan selaras apa yang dibutuhkan oleh pengguna khususnya oleh guru MTs. Muawanah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

produktif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

PRODUKTIF adalah jurnal ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi yang mempublikasikan hasil penelitian maupun kajian ilmiah dan kajian literatur memuat topik : Artificial Intelligence & Application, Computer Networking & Security, Computer-Based Multimedia Retrievel, Decision Suport System, Data ...