Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru dalam pendidikan di Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2021. Kurikulum ini memberikan ruang gerak yang lebih luas bagi sekolah dan guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Namun, masih sedikit penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi efetivitas implementasi kurikulum ini terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) terutama di SD Negeri 248 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kekosongan tersebut dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi sekolah, guru dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 248 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 248 Palembang dan (2) untuk menganalisis pengaruh implementasi Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di SD Negeri 248 Palembang. Hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas VI.A di SD Negeri 248 Palembang sebelum dan sesudah melakukan penerapan kurikulum merdeka terdapat pengaruh yang signifikan hal ini ditunjukkan oleh hasil uji paired sampel t-test dengan nilai sig <0.001 < 0,05.
Copyrights © 2025