Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Media Pembelajaran Prezi Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Penjaskesrek FKIP semester II dan IV Undana sebanyak 200 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dimana sampel dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu, yaitu sampel merupakan mahasiswa aktif semester II dan IV memiliki perangkat laptop, notebook atau perangkat yang menunjang praktik media pembelajaran, dan memiliki pemahaman dasar tentang pengaplikasian device laptop maupun notebook. Sampel penelitian sebanyak 40 orang. Sebelum dan setelah diberikan perlakukan melalui Media Pembelajaran Prezi, dilakukan tes penugasan dengan cara mahasiswa membuat media pembelajaran dengan kreativitas mereka sendiri untuk mengukur kemampuan kreativitas. Sehingga diperoleh dua data yaitu data pre-test dan data post-test. Maka design penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-Post Test Design. Temuan dari penelitian ini terdapat pengaruh dari media pembelajaran prezi terhadap kreativitas dan besarnya pengaruh diperoleh melalui uji regresi sederhana yang menunjukan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,608 yang memiliki arti bahwa pengaruh variabel bebas (media Prezi) terhadap variabel terikat (kreativitas) adalah sebesar 60,8 %. Maka dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran Prezi dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Implikasinya dari penelitian ini, sampel penelitian sudah dibekali oleh kreativitas melalui media pembelajaran prezi yang bisa berguna selama proses perkuliahan maupun kelak saat sudah terjun di dunia pendidikan sebagai seorang guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).
Copyrights © 2025