Penelitian ini menganalisis penerapan metode pembiasaan baik dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bima. Metode pembiasaan yang diterapkan meliputi kegiatan 3S (Senyum, Salam, Sapa), muroja'ah sebelum pembelajaran, sholat Dhuha dan Dzuhur berjamaah, Yasinan, serta Sabtu Sehat. Metode ini bertujuan untuk membangun karakter disiplin dari segi moral, spiritual, dan kesehatan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsistensi dalam pelaksanaan pembiasaan, keteladanan guru, serta dukungan dari sekolah, keluarga, dan masyarakat menjadi faktor kunci keberhasilan dalam membentuk karakter disiplin siswa. Hambatan yang dihadapi antara lain kurangnya dukungan keluarga dan lingkungan. Upaya sinergis dari berbagai pihak diharapkan mampu memperkuat pembentukan karakter siswa secara holistik
Copyrights © 2025