Transformasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Indonesia menjadi langkah strategis bagi para pemimpin sekolah untuk menjawab tantangan peningkatan kualitas layanan pendidkan dan mendorong kemandirian sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi kepala sekolah dalam memimpin transformasi SMK menjadi BLUD. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan di SMKN 2 Banjarbaru, salah satu SMK-BLUD di Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Model Miles and Huberman digunakan dalam teknik analisis data, dengan proses analisis data kualitatif secara interaktif dan berkelanjutan hingga data jenuh. Analisis tersebut mencakup: 1) data condensation, 2) data display, dan 3) conclusion drawing/verification dengan penggunaan Nvivo sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam memimpin transformasi SMK menjadi BLUD di SMKN 2 Banjarbaru dengan: peningkatan pemahaman dan sosialisasi internal dan pemangku kepentingan, kemitraan strategis, penyusunan dokumen legal dan administratif, pengelolaan sumber daya, serta monitoring dan evaluasi.
Copyrights © 2025