Generasi emas Indonesia 2045 merupakan target pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda sebagai penerus bangsa yang berkualitas, berkompeten dan berdaya saing tinggi. Target tersebut dapat dicapai dengan menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter. Pendidikan karakter dalam menyiapkan generasi emas 2045 dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila pada diri siswa. Pada penelitian ini akan membuktikan hipotesis bahawa implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berdampak terhadap pembentukan karakter siswa menuju generasi emas Indonesia 2045. Metode penelitian yang digunakan Systematic Literature Review (SLR). Prosedur SLR dilakukan dalam lima Langkah, yaitu: (1) Research Question; (2) Search Process; (3) Inclusion and Exclusion Criteria; (4) Quality Assesment; dan (5) Data Collection. Hasil penelitian 40 artikel yang ditemukan berdasarkan prosedur SLR terseleksi menjadi 10 artikel digunakan sebagai kajian refrensi dalam membuktikan hipotesis. Hipotesis diterima sehingga implementasi program P5 berdampak pada pembentukan karakter siswa dalam menyiapkan generasi emas Indonesia 2045. Program P5 dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Program P5 pada Kurikulum Merdeka menekankan pada pendidikan karakter siswa. Pendidikan karakter berfokus pada nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P3).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025