Walada: Journal of Primary Education
Vol. 4 No. 1 (2025): Walada: Journal of Primary Education

IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Ubaidillah, Muhammad (Unknown)
Utami, Ratna Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi implementasi bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif melalui kajian sistematis terhadap penelitian terdahulu. Metode yang digunakan adalah systematic Literature Review dengan 31 artikel ilmiah dari Google Scholar, dianalisis menggunakan VOSviewer. Hasilnya menunjukkan bahwa literature review menjadi pusat kajian, sementara beberapa topik seperti peran guru bimbingan dan konseling, pembelajaran anak disleksia, dan membangun kapasitas dalam layanan masih perlu dieksplorasi lebih lanjut. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan roadmap layanan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Keterbatasannya adalah sumber artikel hanya dari Google Scholar, sehingga kurang mewakili isu secara global. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan database internasional seperti Scopus, Web of Science, dan Dimensions Scholars untuk cakupan lebih luas. Kata kunci Anak Berkebutuhan Khusus, Konseling. Inklusif;

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...