Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi implementasi bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif melalui kajian sistematis terhadap penelitian terdahulu. Metode yang digunakan adalah systematic Literature Review dengan 31 artikel ilmiah dari Google Scholar, dianalisis menggunakan VOSviewer. Hasilnya menunjukkan bahwa literature review menjadi pusat kajian, sementara beberapa topik seperti peran guru bimbingan dan konseling, pembelajaran anak disleksia, dan membangun kapasitas dalam layanan masih perlu dieksplorasi lebih lanjut. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan roadmap layanan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Keterbatasannya adalah sumber artikel hanya dari Google Scholar, sehingga kurang mewakili isu secara global. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan database internasional seperti Scopus, Web of Science, dan Dimensions Scholars untuk cakupan lebih luas. Kata kunci Anak Berkebutuhan Khusus, Konseling. Inklusif;
Copyrights © 2025