Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Januari - Juni 2025

Gamification sebagai Strategi Pembelajaran Aktif untuk Peningkatan Pemahaman Materi

Muhammad Lukman Prayoghi (Unknown)
Muhammad Shaleh Assingkily (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Dinamika pembelajaran di era modern saat ini menghadapi tantangan baru bagi para pengajar, terutama di tengah distraksi nyata yang diakibatkan oleh media sosial. Mahasiswa seringkali kesulitan untuk tetap fokus pada materi pembelajaran yang disampaikan secara konvensional. Guna mengatasi permasalahan ini, metode gamification menjadi salah satu pendekatan inovatif yang layak dipertimbangkan secara seksama. Gamification mengadaptasi elemen permainan untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan juga kompetitif. Melalui penerapan strategi ini, jiwa kompetitif mahasiswa dapat distimulasi, yang mana diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode gamification dalam pembelajaran mahasiswa. Dengan menggunakan pre-test untuk mengukur pemahaman awal dan post-test untuk menilai peningkatan pemahaman setelah pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...