Journal of Citizen Research and Development
Vol 2, No 1 (2025): Mei 2025

Studi Kasus: Penggunaan Web Kahoot dalam pembelajaran TIK untuk siswa kelas 5A di SD Lab School UPI Cibiru

Anshory, Muhammad Luthfi Setyawan (Unknown)
Aulia, Lulu Rahma (Unknown)
Adhari, Putri Amelia (Unknown)
Sutisna, M Ridwan (Unknown)
Sudarmansyah, Ranu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan web Kahoot untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 5 mata pelajaran TIK di SD Labschool UPI Cibiru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan web Kahoot mampu meningkatkan motivasi belajar siswa melalui unsur permainan yang menarik. Selain itu, Kahoot juga membantu siswa dalam memahami konsep TIK dengan lebih baik, sehingga berdampak positif pada hasil belajar mereka. Namun, terdapat beberapa kendala yang perlu diperhatikan, seperti keterbatasan akses internet dan perangkat yang memadai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa web Kahoot dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran TIK di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcrd

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Education Medicine & Pharmacology

Description

JCRD Journal of Citizen Research and Development dengan nomor ISSN terdaftar 3048-2933 (Cetak - Print) dan 3048-2941 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JCRD Journal of Citizen Research and Development bertujuan untuk mempublikasikan ...