Journal of Citizen Research and Development
Vol 2, No 1 (2025): Mei 2025

Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru Bidang Studi IPS di SMP N 3 Sibolga

Harahap, Nur Adawiyah (Unknown)
Lubis, Pitri Aulia Usman (Unknown)
Sayyidina, Sayyidina (Unknown)
Simamora, Vailimlim (Unknown)
Haryadi, Haryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif guru bidang studi IPS di SMP Negeri 3 Sibolga menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Alat pembelajaran yang digunakan termasuk PowerPoint dan proyektor (infokus), dan fokusnya adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi melalui unsur visual seperti gambar dan video. Dengan data yang dikumpulkan dari wawancara dengan guru IPS, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini sangat membantu siswa memahami materi. Siswa lebih tertarik dan terlibat dalam pelajaran jika materi divisualisasikan dengan cara yang menarik. Namun, kendala teknis seperti waktu persiapan infokus yang lama dan konektivitas internet yang lambat dapat mengganggu proses belajar. Jadi, meskipun teknologi berbasis media pembelajaran berfungsi dengan baik, mereka membutuhkan dukungan infrastruktur dan pelatihan guru untuk membuat mereka menggunakannya sebaik mungkin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcrd

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Education Medicine & Pharmacology

Description

JCRD Journal of Citizen Research and Development dengan nomor ISSN terdaftar 3048-2933 (Cetak - Print) dan 3048-2941 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JCRD Journal of Citizen Research and Development bertujuan untuk mempublikasikan ...