Penjaminan mutu pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga sekolah atau madrasah. Sistem penjaminan mutu pendidikan memungkinkan para pemangku kepentingan untuk menilai kualitas lembaga pendidikan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep perencanaan jaminan mutu di SD Al Husna. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan jaminan mutu di SD Al Husna telah dilakukan secara baik dan sistematis. Hal ini terlihat dari pelaksanaan standar pendidikan yang terintegrasi mencakup kurikulum, pembelajaran, penilaian, serta sarana dan prasarana. Proses tersebut menjadi landasan penting dalam memastikan kualitas pendidikan yang tinggi dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan dampak penting terhadap pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan, khususnya dalam pengelolaan mutu di tingkat sekolah dasar. Temuan ini dapat menjadi model bagi institusi pendidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan perencanaan yang strategis dan kolaboratif. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti perlunya sinergi antara pihak sekolah dan pemangku kepentingan untuk mendukung keberlanjutan peningkatan mutu pendidikan sesuai standar nasional.
Copyrights © 2025