EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 1 (2025): February

Pengembangan dan Evaluasi Media Game Edukatif dalam Meningkatkan Pengenalan Karir dan Keaktifan Siswa SD

Wahyudin, Ahmad (Unknown)
Hayati, Kulsum Nur (Unknown)
Juhana, Juhana (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media game edukatif dalam meningkatkan pengenalan karir dan keaktifan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan uji statistik. Hasil validasi menunjukkan bahwa media game edukatif memenuhi kriteria kelayakan yang sangat baik dari aspek materi dan media. Hasil uji efektivitas menggunakan independent sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam peningkatan pengenalan karir dan keaktifan siswa (p < 0,05). Hasil uji paired sample t-test juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam kelas eksperimen sebelum dan setelah penggunaan media game edukatif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa media game edukatif dapat diterapkan di berbagai sekolah dasar sebagai strategi pembelajaran yang inovatif dalam mengenalkan karir kepada siswa. Penelitian lanjutan direkomendasikan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis digital dengan integrasi augmented reality guna meningkatkan pengalaman belajar interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...