Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 2.A (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Pendidikan Agama Islam Dalam Rangka Penanggulangan Radikalisasi

Rini, Nurmarita Puspa (Unknown)
Aji, Gatot Bintoro Putra (Unknown)
Kumaidi, Muhamad (Unknown)
Febriani, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Pendidikan agama Islam memainkan peran penting dalam upaya penanggulangan radikalisasi, khususnya di masyarakat mayoritas Muslim. Artikel ini meneliti peran dan efektivitas pendidikan agama Islam dalam merespons fenomena radikalisasi yang semakin mengkhawatirkan. Melalui kajian literatur dan analisis masalah di lapangan, penelitian ini mengidentifikasi strategi dan pendekatan yang efektif dalam membangun pemahaman Islam yang damai dan toleran. Pendidikan agama Islam dapat menjadi alat yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai inklusif dan mengurangi risiko radikalisasi dengan mengajarkan prinsip-prinsip Islam yang mengedepankan perdamaian dan toleransi. Penelitian ini memberikan wawasan bagi praktisi pendidikan, pembuat kebijakan, dan peneliti untuk mengembangkan pendekatan yang lebih komprehensif dalam menjaga ketahanan masyarakat terhadap radikalisasi. Dengan mempromosikan pendidikan agama secara benar dan inklusif, harapannya masyarakat lebih dapat menjadi toleran dan terbebas dari ancaman radikalisme. Penelitian ini menawarkan rekomendasi praktis untuk implementasi pendidikan agama Islam yang efektif dalam konteks pencegahan radikalisasi, serta menekankan pentingnya kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan komunitas dalam menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...