Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 6 No 1 (2025): EDU RESEARCH

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V GUGUS I TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN

Aida Zulfa Ariyanti (Unknown)
Atri Waldi (Unknown)
Melva Zainil (Unknown)
Rafhi Febryan Putera (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Pancasila. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus I Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment design bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Gugus I Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh kelas VB SDN 04 Siparayo sebagai kelas eksperimen dengan 15 peserta didik dan kelas V SDN 15 Malampah Utara sebagai kelas kontrol dengan 17 peserta didik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t menggunakan SPSS Staistics 25.0 dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 82,27 dan kelas kontrol 72,47. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai hitung Sig. (2-Tailed) sebesar 0,006 < 0,05. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan maka ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas V Gugus I Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...