Journal Pesona Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2024): JPI 2024

Pengaruh Penggunaan Mystery Box terhadap Minat Belajar Siswadi SDN 22 Kota Bima

Dewi Oktafiani (STKIP Taman Siswa Bima)
Ela Ayuspita (STKIP Taman Siswa Bima)
Alwi Alwi (STKIP Taman Siswa Bima)
Didi Setiawan (STKIP Taman Siswa Bima)
Husnul Khatimah (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Mystery Box dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 22 Jatibaru, Kota Bima. Mystery Box merupakan inovasi media pembelajaran yang memanfaatkan elemen kejutan dengan berbagai benda atau materi yang relevan untuk meningkatkan interaksi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Mystery Box meningkatkan partisipasi aktif siswa, perhatian mereka terhadap materi, serta antusiasme dalam kegiatan belajar. Siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, sehingga menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis dan interaktif. Dengan demikian, Mystery Box dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pesona Indonesia (JPI), diterbitkan oleh Institut Teknologi Pendidikan Indonesia E-ISSN: 3064 - 6448, adalah jurnal multidisiplin yang menjadi platform bagi peneliti dan akademisi untuk mempublikasikan hasil penelitian orisinal, ulasan ilmiah baru, dan analisis mendalam yang relevan secara ...