Ulil Albab
Vol. 3 No. 10: September 2024

Integrasi Nilai-Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Nurlina Nurlina (Universitas Muhammadiyah Kendari)
Halima Halima (Universitas Muhammadiyah Kendari)
Hadijah Selman (Universitas Muhammadiyah Kendari)
Muallimah Muallimah (Universitas Muhammadiyah Kendari)
Usman Usman (Universitas Muhammadiyah Kendari)
Wa Ode Sari Amalia (Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Pendidikan karakter berbasis religius berperan signifikan dalam membentuk karakter anak usia dini melalui penanaman nilai-nilai moral yang mendasar. Metode penelitian studi literatur untuk menilai efektivitas berbagai metode pengajaran, termasuk bercerita, bermain peran, kegiatan ibadah bersama, dan keteladanan. Temuan menunjukkan bahwa nilai-nilai religius dapat meningkatkan perilaku moral, kedisiplinan, dan kemampuan sosial anak. Namun, tantangan seperti keterbatasan kurikulum, waktu, dan minimnya pemahaman yang komprehensif mengenai nilai-nilai religius perlu diatasi. Rekomendasi untuk penguatan integrasi nilai-nilai religius mencakup pelatihan guru, pengembangan kurikulum yang relevan, dan strategi kolaborasi antara sekolah dan orang tua. Artikel ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan karakter untuk mendukung perkembangan anak secara menyeluruh

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...