Iklim sekolah yang sehat menjadi faktor kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar, menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran akademik, pengembangan karakter, dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengevaluasi peran orang tua dalam mewujudkan iklim sekolah sehat. Teori Bronfenbrenner dan Epstein dijadikan landasan teoritis untuk menjelaskan pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendukung lingkungan belajar di rumah dan sekolah. Keterlibatan orang tua, seperti mendukung pembelajaran di rumah, berkomunikasi dengan sekolah, dan berpartisipasi dalam kegiatan, terbukti memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik, keterampilan sosial, dan kolaborasi antara keluarga dan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara orang tua, sekolah, dan komunitas merupakan prasyarat untuk meningkatkan mutu pendidikan secara holistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025