Ulil Albab
Vol. 4 No. 2: Januari 2025

Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD N 31 Lubuklinggau Pada Pendidikan Pancasila

Aprianti, Lisa (Unknown)
Putri Melati (Unknown)
Alika Salsabila (Unknown)
Episiasi, Episiasi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan kritis pada siswa kelas V SDN 31 Lubuklinggau. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara, serta dokumentasi, analisis data melalui langkah-langkah dan prosedur yang telah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dan siswi kelas V yaitu siswa kesulitan untuk berpikir kritis serta bekerja sama sesama teman, memahami kondisi lingkungan disekolah, serta tidak fokus dalam pembelajaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa yaitu baik dari faktor internal ataupun dari faktor eksternal seperti: dari pihak orang tua tersebut kurang memberikan bimbingan, dukungan ataupun dukungan yang memang seharusnya di dapatkan oleh seorang anak dalam belajar terutama belajar Pendidikan Pancasila dikarenakan dalam belajar tersebut seorang anak perlu bimbingan yang ekstra dari orang tua. Peran orang tua dalam membimbing anak sangatlah penting dan sangat berpengaruh pada anak dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak Kebiasaan belajar anak dirumah harus lebih banyak diterapkan lagi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...