PESHUM
Vol. 3 No. 4: Juni 2024

Konsep Pendidikan Perspektif Jalaluddin rakhmat Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer

Mohammad Cholil Alwi (Unknown)
Maragustam (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemikiran pendidikan Jalaluddin Rakhmat, yang bertujuan untuk mengetahui biografi jalaluddin rakhmat, pemikirannya tentang pendidikan Islam serta relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (penelitian perpustakaan) dengan pendekatan kualitatif, tujuan memperoleh data yang lebih mendalam guna mengembangkan teori serta mendeskripsikan kualitas yang diteliti. Hasil temuan menunjukkan bahwa Jalaluddin rakhmat adalah seorang tokoh yang memberikan kontribusi ide-ide serta pemikirannya dalam pendidikan. Pemikirannya tentang pendidikan yaitu konsep tarbiyah yang diadopsi dari hasil pemikiran pendidikan barat (quantum learning) agar bisa diterapkan dalam pendidikan Islam terkhusus di Indonesia, pendidikan Islam perlu adanya penyusunan sebuah kurikulum yang sesuai karena akan hal itu mempengaruhi keberhasilan sebuah proses pendidikan. Pemikiran-pemikiran beliau masih relevan dengan pendidikan kontemporer masa kini, artinya secara kontekstual atau substansinya masih relevan, hanya saja seiring pembaharuan kurikulum, pemikiran jalaluddin rakhmat ini perlu dijadikan referensi dalam praktiknya. Sehingga layak untuk meninjau ulang dan menerbitkan terkait pemikiran beliau untuk diterapkan dalam pendidikan Islam masa kini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...