Siswa SMA merupakan individu yang telah menginjak masa remaja sehingga dituntut untuk dapat mandiri dan memiliki pengambilan keputusan yang baik. Stress akademik merupakan respon individu terhadap tekanan internal maupun eksternal yang terjadi pada seseorang, respon tersebut dapat positif maupun negatif yang bereaksi terhadap fisik, psikologis, maupun emosi seseorang. Salah satu faktor yang mempengaruhi stress akademik adalah kepribadian hardiness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan stress akademik pada siswa kelas X di SMAN 8 Makassar. Penelitian ini mengambil 239 subjek dari siswa kelas X di SMAN 8 Makassar dengan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan skala Perception of Academic Scale dan Occupational Hardiness Questionnaire, yang hasilnya dianalisis menggunakan uji korelasi Product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dengan stress akademik (r=-0,216). Implikasi penelitian ini adalah pengembangan kepribadian tangguh (hardiness) dapat digunakan sebagai model intervensi untuk mengurangi stres akademik pada siswa.
Copyrights © 2024