PESHUM
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Strategi Meningkatkan Kepuasan Pasien Melalui Mutu Layanan Di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kota Mataram

Rina Yulia Wulandari (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Imas Rosidawati (Universitas Langlangbuana)
Kahar Mulyani (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Tingkat kepuasan pasien di Instalasi IGD RSUD Kota Mataram pada lima dimensi mutu layanan (tangible, reliability, safety, empathy, dan responsiveness) adalah sangat memuaskan. Kepuasan ini tercermin karena mutu layanan yang diterima pasien sudah memenuhi harapan mereka. Beberapa atribut layanan yang berkontribusi pada tingkat kepuasan pasien meliputi lokasi rumah sakit yang nyaman dan mudah diakses, ketersediaan dokter spesialis, respon cepat perawat terhadap semua kebutuhan pasien, kesiapan perawat untuk bekerja sama dengan pasien di ruang IGD, serta sikap ramah dan menyenangkan dari tim medis. Strategi untuk mengembangkan mutu layanan di Instalasi IGD RSUD Kota Mataram meliputi mempertahankan kualitas pada dimensi empati dan responsivitas dalam dimensi empati, perhatian harus diberikan pada atribut terkait file dan catatan medis rumah sakit, yang harus akurat dan bebas kesalahan. Sementara itu, dalam dimensi responsivitas, perhatian perlu difokuskan pada atribut yang melibatkan sekuriti, petugas gizi, dan petugas kebersihan yang sangat membantu dan bersimpati terhadap pasien. Ini didasarkan pada fakta bahwa kedua atribut tersebut menunjukkan nilai rata-rata tingkat kepuasan yang terendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...