PESHUM
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Implementasi Konsep Belajar Sepanjang Hayat Melalui Kurikulum Daur Belajar Pada PKBM Sanggar Anak Alam Yogyakarta

Rima Eka Puspitasari (Universitas PGRI Yogyakarta)
Rusli Dedi Mustofa (Univeristas PGRI YOgyakarta)
Febrianti Astuningsih (Universitas PGRI Yogyakarta)
Ainur Rofida (Univeristas PGRI Yogyakarta)
Aghits Silmaini Wafa (Universitas PGRI Yogyakarta)
Taufik Muhtarom (Univeritas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana kurikulum daur belajar diimplementasikan dan dampaknya terhadap karakter siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran yang mendalam dan analitis mengenai perkembangan, pandangan dan temuan dalam bidang pengetahuan terkait. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelitian observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik ini dipilih untuk menggali pemahaman yang lebih mendalam dan komprehensif mengenai topik penelitian, dengan memanfaatkan hasil wawancara serta literatur ilmiah, jurnal, dan sumber kepustakaan lainnya untuk mensintesis dan menganalisis informasi yang ada. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan sepanjang hayat tidak hanya meningkatkan pengetahuan akademis siswa, tetapi juga membentuk sikap dan nilai-nilai positif yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dibalik itu ada juga tantangan yang harus dihadapi seperti perubahan kurikulum, kemampuan fasilitas yang kurang memadai, dan tuntutan pembelajaran yang berkaitan dengan alam. Untuk itu, kita harus memiliki solusi agar segala hal negatif yang terjadi. Solusi yang bisa dilakukan seperti membangun jaringan dengan komunitas dan pihak terkait, menyediakan pelatihan, memaksimalkan teknologi, dan dapat melakukan pemelitian berkelanjutan mengembangkan kurikulum daur belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...