PESHUM
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Hubungan Minat Baca Dan Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Gugus II Kabupaten Bone

Wahyuni (a:1:{s:5:"en_US"
s:27:"Universitas Negeri Makassar"
})

Wahira (Universitas Negeri Makassar)
Amir Pada (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode korelasional bersifat ex post facto untuk menentukan hubungan antara minat baca dan keaktifan belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV, dengan sampel sebanyak 62 siswa yang dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling. Data dikumpulkan melalui angket, dan analisis data dilakukan menggunakan statistik klasik, deskriptif, dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat baca, keaktifan belajar, dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa berada pada kategori sedang. Analisis inferensial menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan kategori rendah, serta hubungan positif dan signifikan antara keaktifan belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan kategori rendah. Selain itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca dan keaktifan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Bahasa Indonesia, dengan nilai korelasi sebesar 0,345 yang termasuk kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan dan positif antara minat baca serta keaktifan belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...