PESHUM
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Peran Shadow Teacher Terhadap Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Alam

Khasanah, Farinda Nur (Unknown)
Sekar Asti Andini (Unknown)
Nurhayati (Unknown)
Adinda Setiawati (Unknown)
Meilani Dea Rahmawati (Unknown)
Taufik Muhtarom (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran shadow teacher dalam meningkatkan semangat belajar anak berkebutuhan khusus di sekolah alam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, dimana penulis menganalisis jurnal yang berjumlah 20 referensi mengenaai peran shadow teacher perkembangan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Hasil dari analisis literatur menunjukkan bahwa shadow teacher memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, khususnya bagi anak dengan kebutuhan khusus. Shadow teacher mampu meningkatkan motivasi dan semangat belajar anak dengan memberikan perhatian secara individu, penyesuaian metode pengajaran, serta dukungan emosional dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam proses belajar. Selain itu, di sekolah alam yang menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman, shadow teacher juga memiliki peran dalam mendampingi anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Dengan demikian, peran shadow teacher dalam mendukung semangat belajar anak berkebutuhan khusus, khususnya di sekolah alam, di mana mereka dapat memberikan perhatian lebih pada kebutuhan individu dan menciptakan pengalaman belajar yang positif dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...