PESHUM
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Analisis Pembelajaran Kontekstual Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik SD IT Alam Nurul Islam

Yuliana Puspita Ardila (Universitas PGRI Yogyakarta)
Erlinda Salsabila Putri Fatikah (Universitas PGRI Yogyakarta)
Ajeng Dafiq Musclichah (Universitas PGRI Yogyakarta)
Muslimah Dwi Nurcahyani (Universitas PGRI Yogyakarta)
Moch Ridho Saputra (Universitas PGRI Yogyakarta)
Taufik Muhtarom (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali informasi mengenai pembelajaran kontekstual dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di SD IT Alam Nurul Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD IT Alam Nurul Islam menggunakan kurikulum mandiri, namun selain menggunakan kurikulum mandiri, SD IT Alam Nurul Islam juga menerapkan kurikulum berbasis alam. Pembelajaran berbasis alam mengutamakan hubungan yang intensif dengan alam sekitar. Kurikulum yang digunakan mengacu pada aspek akhlak, pengetahuan, sains, kepemimpinan, dan kewirausahaan serta menjadikan alam sebagai media pembelajaran agar anak mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya dari alam semesta. Dalam proses penelitian, ada beberapa jenis kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik dan dilakukan di luar ruangan. Kegiatan seperti berkebun, beternak, magang, dan kelas memasak yang melatih kemandirian dan tanggung jawab peserta didik. Beberapa kegiatan tersebut juga dapat menarik motivasi dan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran karena proses pembelajaran dilakukan secara kontekstual dan dapat memanfaatkan alam atau lingkungan sekitar secara langsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...