Hubungan antar umat manusia membuat Al-Qur’an sangat berperan penting dalam membentuk karakter seseorang. Sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat membutuhkan karakter sesuai pedoman yang terkandung dalam Al-Qur’an agar setiap kalangan dapat menghargai, menghormati dan tidak menunjukkan perilaku yang tidak berkarakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Jenis penelitian yang digunakan, yakni kualitatif deskriptif, dengan pendekatan literasi. Hasil penelitian ini menunjukkan relevansi i’jazul Qur’an itu sendiri dengan pendidikan karakter melalui ayat-ayat Al-Qur’an yang penuh mukjizat. Setiap dasar dari pendidikan karakter memiliki relevansi yang terkandung dalam Al-Qur’an. Ada sembilan karakter tersebut yaitu: 1) Cinta kapada Allah dan semesta beserta isinya (QS. Ali’Imran: 31); 2) Tanggung jawab disiplin dan mandiri (QS. Al-‘Asr: 1-3); 3) Jujur (QS. Al-Ahzab: 70); 4) Hormat dan santun (QS. Al-Hujurat: 13); 5) Kasih sayang, peduli, dan kerjasama (QS.Al-Maidah: 2); 6) Percaya diri, kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah (QS. At-Taubah: 105); 7) Keadilan dan kepemimpinan (QS. Shad: 26); 8) Baik dan rendah hati (QS. Asy-Syu’ara: 215); 9) Toleransi, cinta damai, dan persatuan (QS. Al-Baqarah: 224).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025