Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan kontribusi berbagai stakeholder dalam Manajemen Pendidikan Islam di Indonesia. Dalam konteks pendidikan Islam, partisipasi stakeholder mencakup keterlibatan berbagai pihak, seperti pemerintah, masyarakat, guru, orang tua, dan lembaga pendidikan dalam proses pengelolaan, pengembangan kurikulum, serta pemantauan dan evaluasi program pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengungkapkan bahwa partisipasi yang efektif dari stakeholder dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam mencapai tujuan pendidikan Islam yang holistik. Temuan menunjukkan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat memiliki dampak signifikan terhadap penyediaan fasilitas yang memadai, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, serta penguatan nilai-nilai Islam dalam pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam mengoptimalkan partisipasi stakeholder, seperti keterbatasan komunikasi dan perbedaan persepsi tentang tujuan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pembentukan forum komunikasi yang lebih intensif dan penguatan peran masyarakat dalam setiap aspek manajemen pendidikan Islam untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.
Copyrights © 2025