PESHUM
Vol. 4 No. 3: April 2025

Pengaruh Sertifikat Halal, Kualitas Produk Dan Variasi Produk Terhadap Volume Penjualan UMKM Bakpia Di Kota Yogyakarta

Surani, Bekti (Unknown)
Al Haq Kamal (Unknown)
Febrian Wahyu Wibowo (Unknown)
Baiq Ismiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sertifikat halal, kualitas produk, dan variasi produk terhadap volume penjualan UMKM Bakpia di Kota Yogyakarta. Sertifikat halal dianggap sebagai faktor penting dalam keputusan pembelian, terutama bagi konsumen Muslim, sementara kualitas dan variasi produk berperan dalam meningkatkan daya saing dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 70 pelaku UMKM bakpia di Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikat halal tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, sedangkan kualitas produk dan variasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kualitas dan variasi produk lebih berperan dalam meningkatkan volume penjualan dibandingkan sertifikat halal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...