ABSTRAK Hani Fitriani, (2020): Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah pertama di SMPN 1 Pakong. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan the one group pre-test post test design.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah SMPN 1 Pakong.Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Sekolah SMPN 1 Pakong pada tahun 2020. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa yaitu satu kelas eksperimen yang merupakan penelitian sampel dengan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mengalami peningkatan dari kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat dari hasil analisis data bahwa Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.005 jika dibandingkan dengan signifikasi 5% maka 0.036< 0.05 sehingga hipotesis alternatif diterima, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2021