ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 6 (2023): Anthor 2023

Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 177 Pekanbaru

Refika, Refika (Unknown)
Ain, Siti Quratul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 177 Pekanbaru. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket/kuesioner yang diberikan oleh oleh 51 responden berisis 22 pernyataan atau pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik yang isinya motivasi belajar siswa dikelas IV SDN 177 Pekanbaru dan dokumentasi hasil belajar. penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan tekni sampel jenuh karena semua angota populasi digunakan sebagai sampel pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang posotif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,367, yang berarti r hitung yang diperoleh lebih besar dibanding dengan r tabel yang telah ditentukan pada taraf signifikan 5% dengan perhitungan rhitung 0,367 > 0,266 hal ini berarti rhitung > rtabel yang memiliki arti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 177 Pekanbaru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

anthor

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

ANTHOR Education and Learning Journal is a scientific publication medium for research studies, academic thoughts, and critical-analytical studies in the field of science and technology, particularly in education and learning, with e-ISSN: 2963-198X and p-ISSN: 2963-2498. This journal aims to ...