Praktik klinik keperawatan merupakan bagian vital dalam proses pembelajaran, dimana proses ini merupakan bentuk aplikasi teori yang telah diterima oleh mahasiswa pada saat pembelajaran dikelas. Dalam menjalani proses pembelajaran di lahan praktik khususnya Rumah Sakit mahasiswa akan didampingi oleh pembimbing klinik atau biasa disebut preceptor. Peran Preceptor dalam melakukan pendampingan sangatlah beragam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran preceptor dalam mendampingi mahasiswa pada saat pelaksanaan praktik klinik berdasarkan pengalaman. Partisipan pada penelitian ini adalah preceptor yang telah melakukan proses pendampingan pada saat mahasiswa praktik, pengambilan data dilakukan dengan Focus Group Discussion. Analisa data dengan triangulasi data didapatkan tiga tema sebagai peran preceptor berdasarkan pengalaman yang dilakukan adalah sebagai educator, supervisor, role model dan berperan sebagai advokasi. Peran preceptor secara garis besar dalam praktik klinik keperawatan adalah memfasilitasi preceptee untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dengan memberikan contoh dalam melakukan asuhan keperawatan langsung pada pasien dengan prinsip praktik yang benar dan aman baik bagi pasien ataupun aman untuk pemberi asuhan dimana dalam praktik klinik adalah preceptor dan preceptee.
Copyrights © 2024