BAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): Bakti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Implementasi Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru SMA

Mesak Ratuanik (Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki, Saumlaki, 97664, Indonesia)
Samuel Urath (Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki, Saumlaki, 97664, Indonesia)
Pesparani Diana Jabar (Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki, Saumlaki, 97664, Indonesia)
Ayu Sri Angri Luturmas (Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki, Saumlaki, 97664, Indonesia)
Dewi Laras Loiwatu (Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki, Saumlaki, 97664, Indonesia)
Vendalina Kdise (Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki, Saumlaki, 97664, Indonesia)
Baceria Werluka (Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki, Saumlaki, 97664, Indonesia)
Nadia Matruty (Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki, Saumlaki, 97664, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Implementasi Teknologi Pendidikan seperti aplikasi GeoGebra, guru SMA di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dapat lebih efektif mendukung pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa, memfasilitasi keterlibatan aktif siswa, dan membantu mereka mencapai pemahaman matematika yang lebih baik. Ini sesuai dengan visi Platform Merdeka Mengajar dalam mendukung praktik pembelajaran inovatif dan berbasis teknologi bagi pendidik di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Selain itu terlihat dampak dari kegiatan tersebut dimana terdapat peningkatan ketrampilan mitra melalui tes untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis. Dari ketiga masalah yang berikan pada saat tes akhir yang diikuti oleh 26 peserta didik, terdapat 20 peserta didik telah mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang lebih dominan yaitu dapat mengidentifikasikan aspek-aspek yang diketahui dan yang ditanyakan dan menentukan apakah aspek-aspek tersebut cukup untuk menyelesaikan masalah, Menggabungkan komponen-komponen yang telah ditanyakan dan diketahui serta merumuskannya menjadi model matematika, memilih metode untuk mengatasi masalah, bekerja sama untuk memecahkan masalah matematika dan mengkonfirmasikan bahwa jawabannya benar dan akurat, tetapi terdapat 6 peserta didik yang masih merasa kesulitan dalam menggambarkan grafik fungsi polynomial secara manual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bakti

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus jurnal ini terarah pada publikasi ilmiah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan lembaga lain, yang meliputi: pengembangan dan pendidikan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, penguatan kapasitas masyarakat, dan solusi berkelanjutan, termasuk penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, ...