JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 2 (2025): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa di SMPN Duren Sawit Jakarta Timur

Dhani, Muh. Ilham (Unknown)
Ambarwati, Lukita (Unknown)
Sovia, Anny (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematika siswa yang ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Post-Test Only Control Design adalah desain dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini.   Populasi penelitian yaitu siswa SMP kelas VIII. Sampel diambil dari kelas VIII.3 dan VIII.6 SMPN 252 Jakarta dan kelas VIII.3 dan VIII.5 SMPN 139 Jakarta dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ANOVA dua arah dan uji-t. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay berjumlah lima butir untuk mengukur kemampuan literasi matematika siswa. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Kelompok siswa yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran CTL memiliki kemampuan literasi matematika yang lebih tinggi daripada kelompok siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional; 2) KAM dan model pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa; 3) Kelompok siswa pada kategori KAM tinggi memiliki kemampuan literasi matematika yang lebih tinggi yang diajar dengan model CTL daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; dan 4) Kelompok siswa pada kategori KAM rendah memiliki kemampuan literasi matematika yang lebih rendah yang diajar dengan model CTL daripada kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...