Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan

Analisis Kualitas Soal Essay pada Buku Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA

Elis Syarifah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Mulyawan Safwandy Nugraha (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Asep Nursobah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Beberapa problematika yang terjadi dalam pembelajaran abad 21 ini adalah kurangnya mutu pendidikan yang dilihat dari bahan ajar yang tidak sepenuhnya dapat memfasilitasi peserta didik sesuai dengan prinsip pembelajaran HOTS, hal tersebut dilihat dari kualitas soal evaluasi yang tidak semuanya HOTS. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas soal essay pada buku mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI Madrasah Aliyah (MA) yang diterbitkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Teknik analisi data yang digunakan adalah model Miles & Huberman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kualitas Soal Essay pada buku Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI ini terdiri dari 82% Soal LOTS dan 18% soal HOTS. Dari beberapa ranah kognitif yang paling banyak muncul adalah kategori L1/C2 (pemahaman) dengan jumlah 40 soal/ 53%. Ini bukan soal HOTS karena hanya membutuhkan kemampuan mengingat dan menjelaskan ide/konsep. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI ini tidak memenuhi standar soal HOTS yang dituntut oleh pembelajaran abad 21. Secara teoritis implikasi penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang luas terkait kualitas soal HOTS dalam pembelajaran abad 21.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkgk

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan (JKGK) is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Religious Teacher Profession. The journal promotes research and scholarly discussion concerning Islamic Education and Religious Teacher Profession in Academic disciplines and Institutions, ...