Jurnal Dinamika Sosial dan Sains
Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Dinamika Sosial dan Sains

PENTINGNYA PERAN GURU DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR YANG BERKELANJUTAN

Lulu Hafizah (Unknown)
Ikhsan Maulana (Unknown)
Novitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Motivasi belajar yang berkelanjutan merupakan salah satu aspek krusial dalam mendukung keberhasilan siswa di dunia pendidikan. Guru memainkan peran sentral dalam membangun motivasi tersebut melalui berbagai pendekatan yang melibatkan aspek psikologis, sosial, dan lingkungan belajar. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya peran guru dalam membangun motivasi belajar yang berkelanjutan, dengan fokus pada strategi pengajaran yang inovatif, pemberian umpan balik konstruktif, dan penciptaan lingkungan belajar yang positif. Selain itu, dibahas pula tantangan yang dihadapi guru dalam memotivasi siswa dengan berbagai latar belakang dan tingkat kemampuan yang berbeda. Dengan memahami dinamika motivasi belajar, guru dapat menjadi katalisator yang efektif dalam menginspirasi siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka. Temuan dalam artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis bagi pendidik untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan inspiratif, sehingga dapat mendukung perkembangan siswa secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jdss

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Journal of Social Dynamics and Science is a scientific journal that publishes research articles, theoretical studies, and critical studies covering various disciplines. This journal focuses on the development of knowledge in the social, scientific, technological and humanistic fields and aims to ...