Jurnal Dinamika Sosial dan Sains
Vol. 2 No. 2 (2025): Jurnal Dinamika Sosial dan Sains

OPTIMALISASI BRANDING PARIWISATA BANYUMAS MELALUI STRATEGI MEDIA SOSIAL

Zenal Arifin (Unknown)
Adityo Nugroho (Unknown)
Herdian Farisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media sosial dapat meningkatkan branding pariwisata Kabupaten Banyumas dan membantu menciptakan kampanye pemasaran platform digital yang efisien. Dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, metode penelitian ini meneliti literatur dari jurnal terindeks seperti Scopus, SINTA, dan Google Scholar. Menurut temuan penelitian, media sosial secara signifikan memengaruhi cara wisatawan melihat destinasi wisata melalui interaksi digital, penceritaan, dan konten visual. Instagram berfungsi dengan baik untuk pariwisata alam, tetapi YouTube lebih baik dalam mempromosikan pariwisata budaya. Keterlibatan media sosial antara administrator destinasi dan calon pengunjung dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan destinasi. Namun, kendala utama di Banyumas adalah terbatasnya kapasitas UKM pariwisata untuk menggabungkan metode digital dengan keahlian lokal. Mengembangkan materi iklan yang dinamis, memilih platform sesuai dengan jenis wisatawan, dan memulai kampanye selama hari libur besar seperti Natal dan Tahun Baru adalah beberapa saran yang diberikan. Hasil ini menawarkan kontribusi teoritis untuk penelitian branding wisata di lokasi non-metropolitan dan aplikasi praktis bagi para pemangku kepentingan dalam meningkatkan daya tarik destinasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jdss

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Journal of Social Dynamics and Science is a scientific journal that publishes research articles, theoretical studies, and critical studies covering various disciplines. This journal focuses on the development of knowledge in the social, scientific, technological and humanistic fields and aims to ...