Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
Vol. 6 No. 1 (2025): FRASA: JURNAL KEILMUAN BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA

pengaruh penggunaan big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar

Ningsih, Dwi (Unknown)
Hermawan, Adi Iwan (Unknown)
Selfiani, Selfiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pre eksperimental Design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik dari kelas 1 yang berjumlah 38 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes (Pre-Test dan Post-Test). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan beberapa uji yaitu: 1. Uji Validasi, 2. Uji Reabilitas, 3. Uji Normalitas, 4. Uji T-test. Untuk mengetahui hasil uji tersebut peneliti menghitung hasil peserta didik dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS V 29.0 Statistic For Windows. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Inpres 16 Kabupaten Sorong.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalfrasa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Frasa Journal contains articles and research results. The scope of the research includes learning and studying Indonesian Indonesian literature, both Indonesian as a first language, second language, and foreign language. The scope of research/articles that can be published in the Frasa Journal ...