Penelitian ini merupakan Eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project-based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Gowa pada materi sistem pernapasan. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 3 Gowa dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model project-based learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa, hal tersebut dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya model project-based learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Gowa pada materi sistem pernapasan. Kata kunci: Project Based Learning, PjBL, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024