Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan media pembelajaran visual berbasis teknologi Virtu PhyLab terhadap hasil belajar fisika siswa di SMAN 1 Sungguminasa Kab. Gowa . Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest dengan kelompok 21 siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi Virtu PhyLab memberikan dampak positif terhadap hasil belajar fisika siswa, yang terlihat dari peningkatan signifikan skor rata-rata posttest dibandingkan dengan pretest. Meskipun demikian, peningkatan hasil belajar bervariasi, dengan sebagian besar siswa menunjukkan kemajuan moderat. Penelitian ini juga menemukan bahwa penggunaan media pembelajaran visual meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Sebagian besar siswa melaporkan pengalaman positif dengan media ini, namun sebagian kecil mengalami kesulitan dalam mengoperasikan teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep fisika yang sulit. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi cara meningkatkan efektivitas penggunaan media ini dan memastikan peningkatan hasil belajar yang lebih merata pada seluruh siswa.
Copyrights © 2024