Penggunaan model pembelajaran yang tepat penting dan patut diperhatikan, penelitian ini dilakukan karena kurangnya model pembelajan yang kreatif dan inovatif dalam suatu proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong, penelitian yang dilakukan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ekperimen dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pretest dan postets. Perhitungan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar sesudah dan sebelum penggunakan  Model Pembelajaran Team Games Tournamen, terlihat dari rata-rata pre-test 50 sedangkan nilai rata-rata post-test 82,5. Selain itu hasil rata-rata N-gain yang diperoleh adalah 0,64, yang dikategorikan "sedang" dengan nilai n-gain sedang, jika 0,7 > g > 0,3; dan. Ini mengindikasikan bahwa penerapan pendekatan model pembelajaran pada penelitian ini tergolong efektif. Maka dapat disimpulkam terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudahmenggunkan model Team Games Tournamentdi SD Negeri 6 Klablim tahun pelajaran 2023/2024.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025