Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Retno Primantiko (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Asrul Asrul (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Abdul Rachman Tiro (Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Hasil data yang didapat pada penelitian ini selajutnya diuji normalitas dan homogenitasnya sebagai uji prasyarat untuk melakukan uji hipotesis. uji hipotesis yang digunakan independent sampel t-test dan n-gain. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong dengan nilai thitung (4.308) > ttabel (1.685) pada taraf signifikansi 5%. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong dengan nilai nilai thitung (3.574) > ttabel (1.685) pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning memberikan pengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres 12 Kabupaten Sorong.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang ...