Pemberian pengalaman yang nyata terhadap siswa sangat dibutuhkan bagi peserta didik dalam pemahaman konsep fisika. Berdasarkan observasi terhadap peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN1 Purworejo di kelas, sebanyak 52 % peserta didik merasa kekurangan dalam pengalaman praktikum fisika terutama pada pokok bahasan Hukum Hooke. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keterampilan psikomotorik peserta didik melalui optimalisasi kegiatan praktikum pada pembelajaran jarak jauh dan menemukan solusi beberapa permasalahan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen berupa instrumen penilaian keterampilan psikomotorik dan lembar angket respon peserta didik. Penilaian kemampuan psikomotorik peserta didik dalam melaksanakan kegiatan praktikum mandiri dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 82,5%. Penilaian angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran berupa video tutorial mendapat respon yang sangat baik dengan persentase sebesar 87,93%. Keterlaksanaan kegiatan optimalisasi praktikum dengan menggunakan media berupa video tutorial berbasis kearifan lokal dapat menjadi solusi yang efektif untuk membantu peserta didik dalam mengasah keterampilan psikomotoriknya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023