JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Vol. 12 No. 2 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Konsep Kalor Di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu

Tokio, Riska Handayani (Unknown)
Darsikin, Darsikin (Unknown)
Jarnawi, Mumahamd (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Riska Handayani Tokio, 2024. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Kalor di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu” Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Darsikin, M.Si.Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep kalor di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi kualitatif, dimana penggunaan teori masih di mungkinkan sebagai alat penelitian sejak menemukan masalah, pengumpulan data, sampai pada analisis data. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri ModelTerpadu Madani Palu pada kelas VII dengan jumlah subjek 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk open-ended yang mencakup konsep kalor berupa pemberian tes esai sebanyak 4 butir soal dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu tergolong dalam kategori rendah yaitu cukup kreatif. Pada aspek berpikir lancar 35 %, aspek berpikir luwes 75 %, aspek berpikir orisinal 78,75 %, dan aspek berpikir memperinci memperoleh nilai tertinggi yaitu 76,25 %. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa disebabkan kurangnya pengalaman siswa mengerjakan soal mengenai konsep-konsep kalor yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari.Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, kalor

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpft

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, ...