JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengembangan Media Pembelajaran Visual Kartu Bergambar (Flash Card) Untuk Menguatkan Hafalan Surah-Surah Pendek Dalam Al-Qur'an Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd It Al-Izzah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas

Afifa Wardiah Pohan, Nur (Unknown)
Erawadi, Erawadi (Unknown)
Hasibuan, Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kevalıtan pengembangan media pembelajaran visual kartu bergambar (Flash Card) Untuk mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran visual kartu bergambar (Flash Card), dan untuk mengetahui praktikalisası pengembangan media pembelajaran visual kartu bergambar (Flash Card) untuk menguatkan hafalan Surah- surah Pendek dalam Al-Qur'an pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian yang dilakukan ını termasuk kedalam jenis penelitian Research and Develioment (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ang mengacu pada model pengembangan 4D Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observası, valıdası angket valıdası ahlı materı dan valıdası ahlı media serta dokumentası Hasil dari penelitian pengembangan menunjukkan bahwa, hasil produk media yang dilakukan oleh validator media memperoleh persentase 90% kategori sangat layak Valıdası ahli materi 94% dikategorikan sangat layak Keduanya menunjukkan bahwa media valid dan layak digunakan rata-rata penilaian pendidik 88% dengan kategori sangat layak Penilaian yang diberikan oleh peserta didik sebesar 90% dikategorikan sangat layak Pengembangan media yang dikembangkan peneliti termasuk kedalam kategori valid atau layak digunakan pada saat pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...