JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

The Effect of Using Animation Video Towards the Students’ Vocabulary Mastery Eighth Grade of MTs N 3 Padang Pariaman

Aprilia, Vilza (Unknown)
Syahrul, Syahrul (Unknown)
Irwandi, Irwandi (Unknown)
Safitri, Loli (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap penguasaan kosakata siswa MTS N 3 Padang Pariaman. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya penguasaan kosa kata yang membuat mereka sulit memahami dan menggunakan kata-kata dengan benar. Guru menggunakan media pengajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah video animasi dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa di kelas delapan MTS N 3 Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS N 3 Padang Pariaman yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa 155 orang. Sampelnya adalah kelas VIII 2 (31 siswa) dan VIII 1 (31 siswa). Pengambilannya dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes kosakata yang dibagikan pada pre-test dan post-test. Data dikumpulkan dari pre-test, dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata, dengan skor pre-test rata-rata 51,48 dibandingkan dengan skor post-test sebesar 79,87. Sementara itu, kelompok kontrol mengalami peningkatan yang kurang, dengan skor pre-test rata- rata 55,48 dan skor post-test 72,51. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih tinggi dibandingkan nilai t-tabel pada taraf signifikansi a=0,05 a=0,05. Kesimpulannya, video animasi kosakata dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...